JIFFINA 2024

Kabupaten Gunungkidul Raih 2 Kategori Penghargaan dari Kementerian Kominfo RI

PASARKAYU

Tangerang (Banten), INAMEDIA.id – Kementrian Komunikasi dan Informatika menggelar Forum Smart City Nasional, Pameran dan Awarding Gerakan Menuju Smart City 2023 yang dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (7/12/2023).

Aris Kurniawan selaku Plt Direkrur LAIP Kominfo menjelaskan forum ini menjadi moment untuk saling berbagi/sharing terkait dengan inovasi smart city kedepannya.

IKLAN

“Program yang telah dijalankan dapat sustain dan terus dilaksanakan, dan kita sudah mendampingi 241 Kabupaten Kota terkait dengan Smart City dan ada 2 Provinsi,” jelasnya.

Selain itu, Aris juga mengucapkan selamat untuk 6 Kabupaten Kota yang menerima Penghargaan terkait dengan Smart City.

“Dan Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan untuk kategori Smart Branding and Smart Society,” jelasnya.

Dalam Diskusi Penjelasan Tentang Gerakan Menuju Smart City dan Smart Province 2023, hadir juga sebagai narasumber Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

Sunaryanta memaparkan, salah satu yang menguatkan smart city di Gunungkidul yakni dengan membangun komunikasi dan MOU dengan kampus-kampus,

“Dengan mereka salah satunya melalui KKN untuk mengajarkan kepada anak-anak di daerah yaitu Bahasa Inggris, Fisika, dan Matematika,” ucapnya.

Bupati Gunungkidul tersebut juga berharap untuk branding smart city didaerah Kabupaten Gunungkidul sampai ditingkat desa atau Kalurahan.

“Komunitas-komunitas yang kita berdayakan seperti komunitas informasi masyarakat serta anak-anak muda yang paham tentang digitalisasi kita berdayakan,” jelas Sunaryanta.

Ia juga menambahkan dalam pengembangan dan peningkatan branding tidak terlepas dari kolaborasi Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Akademisi, serta dalam peningkatan sumber daya masyarakat.

“Kita Pemerintah daerah juga sedang melakukan branding tentang pariwisata, dalam satu tahun ini kita memproyeksikan pengunjung atau wisatawan hampir 2,8 juta dalam tahun ini dan sampai saat ini sudah mencapai 2,7 juta dan saya yakin tahun ini tercapai,” jelasnya.

Kabupaten Gunungkidul pun juga mendapatkan Penghargaan Smart City untuk Kategori Smart Branding and Smart Society yang diterima secara langsung oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

Kabupaten Gunungkidul menjadi implementator terbaik smart city untuk Kategori Smart Branding dan Smart Society.

Setelah mendapatkan penghargaan ini, Bupati berharap untuk target kedepan dapat mewujudkan Smart Village agar tidak hanya kota yg cerdas, tapi seluruh desa yg ada di Kabupaten Gunungkidul.

“Smart city menjadi bukti, bahwa Pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul sudah mampu berkolaborasi lintas Perangkat daerah sehingga hal ini perlu di tingkatkan,” kata Bupati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JIIFINA - JOGJA 2024