Floortech Indonesia

Seni Jathilan Garangan Squad Tampil Dalam Giat Syawalan Pemuda Jatirejo

GUNUNGKIDUL, INAMEDIA.id – Paguyuban seni Jathilan Garangan Squad tampil memukau di hadapan masyarakat Padukuhan Jatirejo, Kalurahan Gari, Kapanewon Wonosari pada Minggu (08/05/2022) malam. Pentas seni jathilan tersebut di gelar dalam rangka Syawalan yang di gagas oleh masyarakat setempat.

Agenda ini terjalin berkat kerjasama dari berbagai pihak seperti karang taruna dusun, elemen masyarakat, polsek serta para pelaku seni dari kelompok jathilan itu sendiri.

VENEERKAYU

Budi Rahmanto atau lebih di kenal dengan nama Budi Subur salah satu perwakilan dari kelompok seni jathilan Garangan Squad, katakan kegiatan pentas seni jathilan ini merupakan sebuah persembahan panggung hiburan untuk masyarakat.

“Seni pertunjukan ini digelar khusus bagi para pecinta jathilan khususnya warga masyarakat Jatirejo Kalurahan Gari”, ungkap Budi.

Adapun seni jathilan yang di persembahkan dalam pertunjukan ini di antaranya adalah babak jaranan putri, jaranan putra, dan juga tarian barongan. Ketiga tarian tentunya memiliki cerita dan ciri khasnya masing-masing.

Saat membawakan tariannya ribuan penonton yang menyaksikan sangat terlihat antusias dan merasa terhibur dengan pentas seni jathilan yang digelar. Budi juga menegaskan dirinya bersama seluruh pelaku seni merasa senang akhirnya bisa kembali menghibur masyarakat terkhusus para pecinta jathilan.

“Alhamdulillah setelah dua tahun tidak lakukan pentas seni jathilan akibat pandemi, pada hari ini kami bersama paguyubannya Jathilan Garangan Squad kembali bisa menghibur masyarakat luas di tahun 2022 ini”, tandasnya.

“Mudah-mudahan di hari ini dan seterusnya kami bisa selalu konsisten dalam melestarikan budaya seni jathilan yang merupakan tinggalan dari nenek moyang”, imbuhnya.

Budi berharap seni jathilan yang merupakan warisan budaya dari leluhur tetap lestari dan bisa memiliki nilai edukasi bagi anak cucu kelak. Selain itu untuk generasi muda supaya tidak malu untuk berkomitmen dalam melestarikannya.

Jual Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.