JIFFINA 2024

Tiga Kapanewon di Gunungkidul Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2025

PASARKAYU

Gunungkidul (DIY), INAMEDIA.id – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menghadiri Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gunungkidul Tahun 2025 di tiga kapanewon Karangmojo, Ngawen dan Semin. Pada Senin (22/1/2024).

“Membangun Gunungkidul butuh campur tangan seluruh warga masyarakat. Ini saatnya mengusulkan program kerja terbaik dimasing masing kapanewon,” papar Sunaryanta.

IKLAN

Musrenbang mengangkat tema Penguatan Ekonomi Daerah, Taraf Hidup Masyarakat, Infrastruktur dan Peningkatan SDM yang unggul. Bupati meminta kapanewon menyusun rencana kerja sesuai keadaan real masyarakat.

“Program tidak lepas dari tujuh sasaran strategis pembangunan kabupaten. Seperti pengurangan,” kata Bupati.

Dalam kesempatan lawatan di tiga kapanewon tersebut, orang nomor satu di Gunungkidul ini meminta kalurahan mengoptimalkan potensi pedesaan, baik wisata, UMKM dan sumberdaya manusia.

“Nanti akan kita kolaborasikan dengan smart city jadi tidak hanya diadopsi pemkab, saya akan coba kita terapkan smart vilage atau smart desa,” papar Bupati.

Untuk melancarkan progam ini, Bupati akan meminta Dinas Kominfo untuk segera memfasilitasi pembangunan smart vilage dengan harapan semua potensi masing masing wilayah dapat segera terangkat.

“Globalisasi masyarakat kita dorong melakukan promosi atau branding masing masing desa ini dapat segera dilaksanakan,” paparnya.

Bupati juga meminta masyarakat aktif dalam ikut membangun Gunungkidul bersama-sama. Menurutnya maju tidaknya Gunungkidul menjadi tanggung jawab bersama baik masyarakat dan pemerintah.

“Fasilitas kesehatan, sekolah, dan fasilitas lain sudah ada. Ini saatnya peningkatan ekonomi kita hadirkan ditengah masyarakat,” paparnya.

Panewu Kapanewon Ngawen Sugito mengatakan, sebagai wilayah yang berada di pintu gerbang wilayah utara pihaknya mengaku akan fokus pada progam peningkatan ekonomi dan pengangkatan lapangan pekerjaan.

“Progam peternakan, perikanan, pengentasan pengangguran, peningkatan perekonomian masih menjadi progam utama,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JIIFINA - JOGJA 2024