Floortech Indonesia

Pemuda Gunungkidul Terima Sosialisasi P4GN

GUNUNGKIDUL, INAMEDIA.id – Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pada hari ke 2, Kamis (16/06/2022) penuh dengan semangat dari peserta sosialisasi.

Kegiatan ini di adakan guna mencegah penyalahgunaan terhadap narkoba yang kebanyakan menyasar generasi muda Indonesia.

VENEERKAYU

Adapun narasumber yang pertama pada sosialisasi kali ini adalah Purwo Yunianto dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Dalam paparannya, menyampaikan tentang bahaya narkoba dan dampak penyalahgunaannya.

Beliau mengatakan bahwa Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya, istilah narkoba ini sangat berkaitan dengan senyawa yang memberi efek kecanduan bagi siapapun penggunanya. Bahaya narkoba tidak hanya berpengaruh pada fisik saja tetapi bisa mengganggu mental atau jiwa pecandu narkoba tersebut, narkotika memiliki daya rusak yang sangat berat.

Lalu narasumber kedua dalam sosialisasi ini yaitu Wiwik Widiastuti yang merupakan tenaga dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Dalam presentasinya beliau mengambil topik tentang bahaya HIV-AIDS dan penyalahgunaan.

Beliau menjelaskan bahwa ada tiga penularan HIV AIDS, di antaranya adalah hubungan seks tanpa kondom, pengunaan jarum suntik secara bergantian dan penularan HIV dari ibu ke bayi.

Kesadaran masyarakat mengenai penyakit HIV dan AIDS (HIV/AIDS) telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir. Namun, bukan berarti upaya kita mencari cara memberantas penularan HIV berhenti sampai di situ. Sebab kenyataannya kasus HIV dan angka kematian akibat AIDS secara global masih cukup tinggi.

Narasumber yang ketiga adalah Dwi Astuti Magister Hukum. Beliau merupakan Kasat Narkoba Polres Gunungkidul. Menariknya Dwi Astuti bercerita pengalamannya selama menangani kasus penyalahgunaan narkoba.

Beliau bercerita bahwa penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda merupakan tantangan tersendiri bagi kepolisian untuk memberantasnya. Karena narkoba merupakan alat paling sering di gunakan dan paling ampuh untuk merusak mental generasi bangsa. Sehingga itu perlu di berantasnya dan upaya penegakkan hukum yang tegas bagi pengedar maupun pemakai.

Pada acara sosialisasi P4GN ini para peserta berorasi mempresentasikan hasil diskusi yang di berikan oleh pemateri terkait pemberantasan penyalahgunaan narkoba yang marak terjadi kepada generasi muda.

Jual Tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published.