Floortech Indonesia

Aksi Massa Tolak Rencana Penggantian Ikon

GUNUNGKIDUL, INAMEDIA.id – Sejumlah kelompok masyarakat Peduli Gunungkidul menggelar aksi turun ke jalan menolak rencana pembangunan Patung Tobong Gamping sebagai pengganti ikon patung kendang di Bunderan Siyono, Kapanewon Playen, Senin (18/04/2022) sore.

Kordinator aksi Ervan Bambang Dermanto mengatakan, di bangunnya Tugu Tobong Gamping merupakan simbol mengekploitasi alam dan menimbulkan kerusakan pada lingkungan.

VENEERKAYU

“Mestinya pemerintah mengkaji ulang ikon itu seharusnya mengandung historis yang lebih baik untuk Kabupaten Gunungkidul yang relevan dengan budaya serta kearifan lokal”, katanya.

Menurutnya Patung Kendang yang akan di ganti dengan Tugu Tobong Gamping itu merupakan kecelakaan bagi pemerintah Gunungkidul, karena hal tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan nilai historis, maupun filosofi di daerah Kabupaten Gunungkidul.

“Kenapa Patung Kendang itu harus di ganti dengan Tugu Tobong Gamping, padahal dengan adanya Patung Kendang itu merupakan bentuk apresiasi kepada Seniman Almarhum Manthos yang telah memperkenalkan budaya Gunungkidul ke ranah internasional”, tegasnya.

Ervan juga menegaskan bahwa pemerintah seharusnya memberikan apresiasi kepada hal-hal baik bukan malah menggantinya ke sesuatu hal yang tidak jelas.

Dalam pernyataannya kepada awak media, Ervan menjelaskan tentang rencana penggantian Patung Kendang itu, sebelumnya tidak ada sosialisasi ke masyarakat.

“Kita akan kawal terus kebijakan pemerintah ini, supaya rencana penggantian Patung Kendang yang akan di ubah menjadi Tugu Tobong Gamping tidak akan terlaksana”, tutur Ervan.

Tidak hanya itu saja, jika pemerintah tetep kekeh akan menganti Patung Kendang dengan Tugu Tobong Gamping, maka pihaknya akan mendatangkan masa yang lebih besar lagi untuk melakukan demo penolakan.

Baca Juga : Pantai Ngunggah Pantai Berpasir Putih Di Ujung Barat Gunungkidul

Jual Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.