Ekstra Kurikuler SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

PASARKAYU

Yogyakarta, INAMEDIA – SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada tahun 2023/2024 ajaran menawarkan beberapa program unggulan, baik pada kegiatan ekstra kurikuler maupun pengembangan kurikulum.

Hal itu bertujuan untuk memperkuat kualitas siswa-siswi di berbagai bidang, seperti menerapkan pembelajaran berbasis klasikal dan projek STEM untuk mata pelajaran MIPA bagi kelas XI, pelatihan intensif UTBK untuk kelas XII, menjalin kerja sama luar negeri dengan mengadakan kolaborasi sambung ayat Al Qur’an bertajuk “International Collaboration of Reciting Holy Qur’an”, membuka program layanan kelas peminatan seni dan multimedia, kelas peminatan tahfidz bagi kelas X.

IKLAN

Tidak kalah bagusnya adalah menjalin kerja sama antara SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan Fakultas Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kerja sama ini berlangsung selama 3 tahun yang akan dilaksanakan pada semester 1 bulan Juli sampai dengan Desember dan pada semester 2 program berkelanjutan dikelola oleh sekolah.

Baca Juga : Peringati Hardiknas, KFM beri perhatian khusus pada sekolahan.

Hasil kerja sama ini adalah berupa dukungan moril dan materiil yang berasal dari Program Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, di mana salah satu point pentingnya adalah membuat materi yang menarik tentang Islamic Studies, pengembangannnya sesuai dengan tarjih persyarikatan Muhammadiyah pada mata pelajaran Ismuba (Keislaman, Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab) kepada siswa yang tergabung dalam ekstra kurikuler Muga English Club (MEC).

Koordinator Pengabdian Masyarakat Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya UGM, Drs. Muh. Arif Rokhman, M.Hum, Ph.D, menambahkan, untuk pengajaran dilakukan oleh mahasiswa dengan pendampingan guru.

“Di mana target kita menghasilkan lulusan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang kaya akan vocabulary bahasa Inggris bidang keislaman dan kemuhammadiyahan,” paparnya.

Ke depan, lulusan dari SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang mengglobal diharapkan dapat menyampaikan dakwah Islam, memperkenalkan bagaimana Islam, dan mampu menggunakan bahasa Inggris bidang keislaman secara implementatif.

Perjanjian kerjasama ini disambut gembira oleh kepala sekolah SMA Muga Yogyakarta, Fitri Sari Sukmawati, M.Pd,.dan secara langsung disampaikan terima kasih itu kepada Dr. Adi Sutrisno M.A. selaku Koordinator Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya UGM di Gedung Soegondo Ruang S308.

Salah satu keunggulan ektrakurikuler bidang bahasa Inggris ini juga dibersamai dengan keunggulan ekstra kurikuler (ekskul) SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta lainnya, seperti ekskul bahasa Korea, berkuda, memanah, renang, sepakbola dan ektrakurikuler unggulan lainnya yang sangat dinantikan oleh semua siswa-siswi menyambut tahun ajaran baru 2023/2024 ini. (AFF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024