JIFFINA 2024

Berikut Cara Basmi Semut Masuk ke Rumah

PASARKAYU

Nasional, INAMEDIA.id – Meski kecil, semut merupakan hewan kecil yang mengganggu kenyamaan di rumah. Untuk menghilangkan semut, pastikan rumah bersih dari sampah yang disukai semut. 
 
Dilansir dari artikel Medcom.id pada Senin (8/5/2023) Berikut adalah penyebab semut masuk rumah dan cara mengusirnya

  1. Simpan Makanan pada tempat yang benar.

Untuk menghindari semut, simpanlah makanan anda dalam wadah yang tepat seperti wadah yang dapat digunakan kembali dan tersegel dengan rapat. Selain itu, direkomendasikan juga untuk lebih baik menyimpan buah-buahan matang di lemari es daripada menaruhnya di meja dapur. 

IKLAN
  1. Tetap perhatikan kelembaban

Semut tidak terlalu membutuhkan banyak air agar bisa bertahan hidup, bahkan dengan handuk atau kain yang lembab saja semut bisa tetap hidup. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki kain atau handuk yang lembab di dapur segera keringkan agar semut tidak hinggap di kain tersebut.
 
Selain itu, pastikan juga agar tidak ada genangan air, terutama jika Anda memiliki tanaman hias. Hal ini dilakukan agar tidak ada hama-hama yang merusak tanaman hias Anda dan meninggalkan residu yang bisa menarik semut. 

Apabila terdapat hama di tanaman hias Anda, campurkan sabun cuci piring dan air ke dalam botol semprot, dan seka daun secara teratur untuk menghilangkan residu hama.

  1. Rajin bersihkan dapur

Semut sangat rentan untuk berkeliaran di dapur, terutama jika ada makanan yang berceceran. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan dapur Anda dan menghilangkan sumber makanan semut sehingga semut tidak akan berkeliaran di dapur Anda.

  1. Gunakan aroma yang tidak disukai semut

Semut mengandalkan indra penciuman mereka untuk menemukan sumber makanannya. Untuk mengusir, membasmi, atau mencegah datangnya semut, Anda bisa menggunakan aroma-aroma yang tidak disukai oleh semut seperti aroma minyak peppermint, lemon, dan kayu manis.

Selain itu, Anda juga bisa menaburkan bubuk kopi atau bubuk cabai rawit untuk mengusir semut dari dapur Anda. 

  1. Perlu lakukan renovasi kecil kecilan

Untuk mencegah masuknya semut ke dalam dapur Anda, melakukan renovasi kecil-kecilan juga bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan menutup celah-celah kecil, juga mengganti jendela dan pintu yang rusak, hal ini akan mecegah semut untuk masuk.

  1. Gunakan lemon dan jeruk

Menggunakan beberapa tetesan lemon atau jeruk dapat membantu mengusir semut karena hal ini akan meninggalkan rasa pahit di lantai yang tidak disukai oleh semut. Selain itu, Anda bisa meletakkan kulit lemon atau jeruk di jalur semut sehingga hal ini akan mencegah semut masuk.

  1. Taburkan bubuk merica

Semut benci terhadap bau lada yang menyengat. Oleh karena itu, menaburkan lada di area yang biasa ditempati semut merupakan cara yang efektif untuk mengusir dan mencegah semut untuk berkeliaran di dapur Anda.

  1. Gunakan Boraks

Untuk membasmi semut dan mencegahnya untuk kembali, Anda dapat menggunakan campuran boraks yang akan membunuh semut dengan racunnya yang bekerja paling cepat 24 jam. 

Untuk membuat campuran boraks sendiri, Anda cukup mencampurkan gula, boraks dan air dengan rasio 1:1:2. Rendam bola kapas dalam campuran gula dan boraks untuk meningkatkan retensi air dan mencegah air menguap dengan cepat. Kemudian tempatkan bola kapas yang direndam boraks di jalur semut, dan Anda tinggal menunggu racunnya bekerja.

  1. Hindari menggunakan semprotan nyamuk

Untuk membasmi semut, Anda tidak perlu menyemprotkan semprotan nyamuk pada semut yang Anda lihat. Akan lebih baik jika Anda menemukan sarang semut terlebih dahulu dan kemudian menyemprotkannya langsung pada sarang semut tersebut.

Selamat mencoba mudah mudahan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JIIFINA - JOGJA 2024