JIFFINA 2024

Berikut Cara Ampuh Menghilangkan Kutu dari Tempat Penyimpanan Beras Dirumah

PASARKAYU

Gunungkidul, INAMEDIA.id – Beras merupakan makanan pokok yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Bahan makanan satu ini pun berfungsi sebagai sumber energi untuk digunakan melakukan berbagai aktivitas. Oleh sebab itu banyak orang membeli beras dalam jumlah banyak untuk stok di rumah agar tidak bolak-balik ke pasar atau ke toko kelontong lagi.

Tapi sayangnya, musuh terbesar dalam menyimpan beras dengan waktu yang cukup lama ialah kutu beras. Hama yang satu ini memang tidak berbahaya, namun kutu ini akan menurunkan kualitas dan nutrisi beras. Keberadaan kutu beras membuat siapa saja pasti akan merasa risih untuk mengolahnya.

IKLAN

Namun, tentunya warga masyarakat tidak menginginkan jika berasnya terbuang begitu saja. Maka kita harus mengetahui bagaimana cara untuk mengusir hama tersebut agar beras bisa digunakan lagi.

Dilansir dari BrilioFood dan akun TikTok/@maizalzairi pada Sabtu (11/03/2023) berikut cara untuk menghilangkan kutu beras yang terdapat di stok beras yang di miliki dirumah. Pertama adalah dengan cara menuangkan beras yang terdapat kutunya ke wadah lain yang didalamnya sudah diberikan 2 bahan, yang terdiri dari daun legondi dan jeruk nipis.

Setelah itu, pada wadah yang didalamnya sudah terdapat daun legondi dan jeruk nipis dituangkan beras yang sudah menjadi sarang kutu. Setelah memasukkan semua beras, kemudian dimasukkan lagi daun legondi dan jeruk nipis setelah itu didiamkan kurang lebih selama dua jam.

Selang waktu dua jam tersebut, hasilnya beras yang ada di wadah tersebut menjadi bersih dan kutu beras pun pergi. Walaupun memang masih terdapat satu atau kutu yang tertinggal namun tidak sebanyak saat pertama kali belum dilakukan cara tersebut.

Cara ini diyakini cukup ampuh untuk membasmi kutu beras secara alami tanpa menggunakan bahan kimia. Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

JIIFINA - JOGJA 2024