Floortech Indonesia

Pengrajin Wayang Kulit Asal Gunungkidul, Lestarikan Budaya Lewat Berbagai Media

GUNUNGKIDUL, INAMEDIA.id – Sudiyono, warga Padukuhan Wareng 4, Kalurahan Wareng, Kapanewon Wonosari masih setia dengan alat-alat ukir pembuat wayang miliknya.

Ia berkecimpung menjadi pengrajin wayang sejak puluhan tahun yang lalu. Berbagai puluhan karakter wayang telah ia ciptakan dan banyak di minati oleh para kolektor dari berbagai daerah baik dalam dan luar Negeri.

VENEERKAYU

“Saya membuat wayang sejak tahun 90 an”, saat di wawancara inamedia.id.

Tak sekedar menjadi pembuat wayang saja, tapi ia berkeinginan melestarikan budaya wayang di berbagai media. Awalnya Sudiyono belajar membuat wayang dari kardus bekas dan kertas karton.

“Saya awal belajar membuat wayang, belajar menggambar pola karakter di karton dan kardus bekas. Setelah mahir barulah saya beralih membuat wayang dari bahan kulit”, imbuhnya.

Tidak hanya mahir dalam membuat wayang saja, ia juga pandai membuat lukisan berbagai macam karakter wayang seperti Semar, Werkudoro, Gatot Kaca dan masih banyak lagi.

Karya seni wayang kulit buatan Sudiyono ini banyak di minati oleh para dalang baik lokal maupun Nasional. Selain itu hasil karyanya juga sering di jadikan sofenir yang di exspor ke luar Negeri oleh wisatawan manca Negara.

“Alhamdulillah karya seni wayang yang saya buat banyak di minati oleh para kolektor dan juga banyak dalang yang memesannya kepada kami”, pungkasnya.

Jual Tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published.