Floortech Indonesia

Tiga Peristiwa Penting Dalam Sejarah Indonesia Saat Ramadhan

INAMEDIA.id – Ada sederet peristiwa bersejarah pada masa kemerdekaan Indonesia. Bahkan peristiwa-peristiwa ini terjadi pada saat bulan yang penuh berkah yakni pada Bulan Ramadhan. Tampil dengan gaya khas peci hitamnya, Soekarno kerap mengambil kebijakan pada saat bulan Ramadhan. Membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia misalnya.

Mengutip dari buku yang berjudul Bung Karno Penyambung lidah Rakyat, Soekarno mulai mendalami agama Islam sejak ia berguru kepada HOS Tjokroaminoto. Pada masa pengasingannya ia mulai memantapkan diri untuk belajar agama Islam lebih dalam. “Aku menemukan sendiri agama Islam dalam usia 15 tahun, ketika aku menemani keluarga Tjokro”, kata dia seperti ditulis Cindy Adams.

VENEERKAYU

Sebagai muslim sejati, Soekarno sangat taat menjalankan ibadahnya, termasuk berpuasa pada bulan yang penuh kemuliaan itu. Setidaknya ada tiga peristiwa bersejarah yang terjadi di masa perjuangannya pada saat bulan Ramadhan.

Peristiwa yang terjadi di saat bulan Ramadhan dalam sejarah Bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Dibacanya Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 atau bertepatan dengan hari kesembilan Ramadhan 1365 menjadi momentum penting bagi Soekarno dan masyarakat Indonesia. Pasalnya sang orator ulung itu untuk pertama kali membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang berlokasi di depan rumahnya, Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta.

Pada saat bulan puasa itu, Jakarta terasa kering dan panas. Sedangkan untuk Soekarno suhu tubuhnya meningkat karena penyakit malarianya kambuh. Meskipun demikian namun Soekarno tetap membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

  1. Mengesahkan UUD 1945 dan di angkat jadi Presiden RI pertama 

Sehari setelah memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno bersama Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menggelar sidang. Dalam agenda sidang PPKI yang di gelar pada hari ke-10 Ramadan itu, Soekarno mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45) sebagai dasar Negara Indonesia. Di hari yang sama, dia resmi di angkat sebagai Presiden RI pertama. 

  1. Soekarno hampir terbunuh 

Pada 9 Maret 1960, tepatnya di hari ke-11 Ramadan 1379 Hijriyah. Saat memimpin sidang Dewan Pertimbangan Agung (DPA) di istana, tiba-tiba sedang terjadi aksi teror oleh seorang pilot Angkatan Udara terkait Permesta, Daniel Alexander Maukar. Dirinya melepaskan beberapa tembakan ke arah istana. 

Bekas tembakan nampak jelas di dinding-dinding ruang makan istana. Muhammad Jasin dalam memoar Jasin Sang Polisi Pejuang : Meluruskan Sejarah Kelahiran Polisi Indonesia mengataka bahwa Daniel berniat ingin membunuh Soekarno. “Menurut perkiraannya Presiden sedang bersantap siang di ruang makan. Perkiraan itu meleset karena sidang DPA kali ini di adakan di bulan puasa”, tulis Jasin. 

Itu tadi sederet peristiwa penting yang terjadi saat bulan Ramadhan, di masa Kemerdekaan Republik Indonesia.

Jual Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.