<
TNI, Umum  

TMMD Sengkuyung Ke-118 Tahap III Resmi Ditutup, Dandim 0730/Gunungkidul: Ini Wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

Gunungkidul (DIY), INAMEDIA.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke 118 Tahap III Tahun Anggaran 2023 Kodim 0730/Gunungkidul resmi ditutup. Penutupan dilaksanakan dengan gelaran upacara di lapangan Plumbungan, Kalurahan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (19/10/2023).

Sebagai inspektur upacara Komandan Kodim 0730/Gunungkidul Letkol Kav Anton Wahyudo, dan Komandan upacara Danramil 13/Panggang Kapten Inf Joko Santoso.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Gunungkidul diwakili Sekda Kabupaten Gunungkidul (Sri Suhartanta, S.IP., M.Si), Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Kasdim 0730/Gunungkidul Mayor Inf Tri Hasan F, Pasi Bakti Korem 072/Pamungkas Kapten Chb Timotius Subanu, Kajari Gunungkidul, Kepala Pengadilan Gunungkidul, Kepala BAPPEDA Gunungkidul, Kepala DPMKP2KB Gunungkidul, Kepala Dinsos Gunungkidul, Kabid pembardayaan masyarakat dan Kalurahan, Staf DPMKP2KB Gunungkidul, Persit KCK Cab XXXI Kodim 0730/Gunungkidul, Panewu Karangmojo, Kepala jawatan Sosial Kapanewon Karangmojo, Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Karangmojo, Lurah Se Kapanewon Karangmojo, Carik dan staf Se Kalurahan Gedangrejo, Tokoh Agama, masyarakat dan tokoh pemuda Kalurahan Gedangrejo Kapanewon Karangmojo.

Dalam upacara penutupan TMMD serentak se Jajaran Kodam IV/Diponegoro dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” ini diawali dengan laporan singkat hasil pelaksanaan TMMD oleh Pasi Teritorial Kodim 0730/Gunungkidul Kapten Cba Tri Aji Laga dan dilanjutkan penandatanganan dan penyerahan naskah hasil kegiatan TMMD oleh Komandan Kodim 0730/Gunungkidul kepada Sekda Kabupaten Gunungkidul Sri Suhartanta, S.IP., M.Si., yang mewakili Bupati Gunungkidul.

Dandim Gunungkidul selaku Inspektur upacara, dalam kesempatan itu membacakan amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, yang intinya, Pangdam menyampaikan bahwa program TMMD adalah merupakan salah satu Program Bakti TNI guna mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Secara umum TMMD ini adalah untuk membantu program pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur serta penanganan permasalahan sosial masyarakat di wilayah terpencil, terpelosok, dan kawasan perbatasan.

“TMMD Sengkuyung Ke-118 tahap III tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”. Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara,” kata Pangdam IV/Diponegoro dalam amanat yang dibacakan Dandim Gunungkidul, Letkol Kav Anton Wahyudo.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pengecoran jalan dapat di selesaikan tepat waktu.

“Demikian amanat saya kali ini, akhirnya dengan mengucapkan “Alhamdulillahirabbil ‘alamin”, program TMMD Sengkuyung Ke-118 Tahap III TA 2023, saya nyatakan secara resmi ditutup,” pungkasnya.

Upacara sendiri diikuti oleh personel Kodim 0730/Gunungkidul, Polres Gunungkidul, Satpol PP, organisasi masyarakat, pelajar SMA Karangmojo, Kokam, Satlinmas, dan Saka Wira Kartika Pramuka.

Dengan hasil pengerjaan sasaran TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0730/Gunungkidul meliputi sasaran fisik jalan sepanjang 850 Meter, Lebar 3 Meter dan Tebal lebar 10 Centimeter.

Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan narkoba, dan penyuluhan KB Kesehatan (Pen0730Gk).

Exit mobile version