Dhibra Shiddiqiyyah Gunungkidul Bantu Satu Unit Bedah Rumah Syukur untuk Wasijem Lansia Warga Sodo Paliyan

PASARKAYU

Gunungkidul (DIY), INAMEDIA.id – Dalam rangka bentuk mensyukuri nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 78 di Tahun 2023 Dhilal Berkat Rahmat Alloh (Dhibra) Shiddiqiyyah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gunungkidul memberikan bantuan Rumah Syukur Kemerdekaan Indonesia layak huni Shiddiqiyyah bagi warga kurang mampu di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Disampaikan oleh Fajar yang bertindak sebagai ketua tim survey dari Dhibra Gunungkidul, bahwa bantuan bedah rumah syukur pada tahun ini diberikan kepada Wasijem (60) seorang lansia warga Padukuhan Tambakrejo, Kalurahan Sodo, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul.

IKLAN

Bukan tanpa alasan, Fajar yang dibantu oleh tim yang lain setelah beberapa kali melakukan survei lapangan menjatuhkan pilihannya kepada seorang lansia bernama Wasijem. Menurutnya, pada saat sebelum terbangun rumah yang sampai saat ini sudah mencapai progres pembangunan mencapai 80 persen ini, diketahui bahwa rumah Wasijem pernah mengalami bencana kebakaran.

Acuan yang lain, program bedah rumah Syukur yang dilaksanakan oleh Dhibra Gunungkidul sejak tahun 2016 hingga sekarang ini, mengacu bahwa Wasijem tidak mempunyai mata pencaharian yang tetap bahkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sama sekali tidak mempunyai penghasilan yang tetap.

Sedangkan tanah yang saat ini kami dirikan bangunan rumah merupakan pemberian dari adik ibu Wasijem,” tuturnya.

Ia pun mengajak, kepada seluruh masyarakat baik yang tergabung dalam sebuah organisasi kemasyarakatan, keagamaan maupun lembaga yang lain untuk bersama sama untuk lebih memberikan perhatian dan terjun langsung untuk terus meningkatkan kepedulian sosial terhadap warga masyarakat khususnya dhuafa dan fakir miskin yang sangat memerlukan uluran tangan.

Saya yakin, jika kita bisa bersama sama membantu kepada mereka yang membutuhkan bantuan, seperti halnya membantu memberikan bantuan satu rumah layak huni disetiap tahunnya, maka pengentasan kemiskinan di negara ini bisa teratasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Sugeng Apriyanto selaku Ketua Dhibra DPD Gunungkidul mengatakan, bahwa bakti sosial bantuan bedah rumah syukur kemerdekaan bangsa Indonesia ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Dhibra Shiddiqiyyah Gunungkidul dalam rangka bentuk ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia serta hari lahirnya bangsa Indonesia.

Dirinya berharap, dengan bantuan bedah rumah yang telah diberikan kepada warga yang tidak memiliki tempat tinggal yang layak seperti halnya ibu Wasijem, rumah tersebut kedepannya bisa digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga dimasa tuanya saat ini, ibu Wasijem bisa menjalani kehidupan yang layak seperti masyarakat yang lain.

Kami tidak memberikan, tetapi rumah ini memang sudah merupakan hak dari ibu Wasijem, sedangkan kami dari Dhibra Gunungkidul merupakan perantara untuk menghantarkan hak beliau untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dalam hal ini rumah tempat tinggal,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024