Kirab Festival Adat Budaya Nusantara ll dihadiri Ganjar Pranowo

PASARKAYU

Magelang INAMEDIA – Gelaran budaya kembali bergema di kawasan candi Borobudur Jawa Tengah (10/12/2022) dengan iring iringan pawai berjarak 3 km diikuti ratusan kelompok kesenian, beberapa bregodo dan komunitas budaya yang beragam. Dihadiri 264 para raja dan ketua lembaga adat dari seluruh Indonesia serta dihadiri pula para pimpinan kerajaan dari Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand dan Jepang.

Festival adat Nusantara kedua ini diselenggarakan oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra) yang diketuai Andi Bau Malik, yang sebelumnya setahun yang lalu diselenggarakan di Bali dengan tuan rumah raja Klungkung Bali. Kegiatan serupa yang ketiga rencana akan diadakan di Sumatera barat.

IKLAN

Ketua panitia Festival Adat Budaya Nusantara ll Jawa Tengah Sri Paduka Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangku Alam ll menerangkan, berkumpulnya para raja dan ketua ketua lembaga adat sebagai momen mendeklarasikan ketahanan adat budaya yang dikemas dalam Silaturahmi Nasional. Mangku Alam ll juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang begitu komitmen memperjuangkan eksistensi para raja raja Nusantara dan kepeduliannya yang begitu tinggi dalam merawat kebudayaan.

Baca Juga : Padukuhan Dayakan Adakan Kirab Budaya Dalam Rangka Rasulan Atau Bersih Dusun

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024