Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Tinjau Motor Listrik Hasil Karya SMKN 1 Nglipar.

PASARKAYU

Gunungkidul, INAMEDIA.id – SMKN 1 Nglipar mendapat kunjungan dari Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Supriyanto, SE., MT., Selasa (25/10/2022).

Dalam kunjungannya tersebut Kepala Dinas didampingi oleh Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Gunungkidul Purnomo Sumardamto, S.Hut., MA., M.Eng., Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gunungkidul Heri santosa, serta analis kebijakan ahli muda kebijakan substansi pembinaan dan pemberdayaan pemuda, Ramiyo, S.Pdi., M.Pd.

IKLAN

Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung Motor listrik dan sepeda listrik hasil karya dari siswa SMKN 1 Nglipar yang beberapa waktu yang lalu di launching yang bertepatan dengan hari ulang tahun sekolah SMKN 1 Nglipar yang Ke-23.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul didalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas hasil karya dari Siswa SMKN 1 Nglipar yang dapat menghasilkan prestasi membanggakan membuat rangkaian motor listrik dan sepeda listrik.

“Saya berharap khususnya siswa SMKN 1 Nglipar dan seluruh anak muda di Gunungkidul ini bisa terus berinovasi dan memunculkan ide-ide kreatif dengan menghasilkan teknologi tepat guna yang kemudian dapat memecahkan masalah yang timbul di masyarakat seperti mengatasi kelangkaan BBM dengan membuat motor listrik dan sepeda listrik seperti ini”, paparnya.

Hasil karya tekhnologi tepat guna seperti membuat motor listrik ataupun sepeda listrik menurut Kepala Dinas, untuk memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap para pencipta produk pihaknya mempunyai program Gunungkidul cerdas.

Gunungkidul Cerdas merupakan program dari Dispora Gunungkidul, yang nantinya akan diadakan sebuah gelaran penghargaan atau Gunungkidul Award yang diberikan kepada para pemuda pelopor yang mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan di implementasikan terhadap sebuah produk yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat luas.

“Yang terpenting produk yang dihasilkan tersebut merupakan hasil ide sendiri dan tidak meniru dari hasil karya orang lain, dari team Dispora nantinya akan mendata apakah hasil inovasinya itu masuk kriteria atau tidak”, imbuhnya.

Sementara itu Budi Setiawan Kepala Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang merupakan guru pembimbing bagi siswa SMKN 1 Nglipar yang memiliki kemampuan berinovasi terhadap tekhnologi khususnya motor listrik berharap anak didiknya mampu mengembangkan hasil karyanya sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Seperti motor listrik dan sepeda listrik yang dihasilkan oleh siswa siswi Ini merupakan terobosan untuk ikut berkontribusi terhadap masalah kelangkaan BBM yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari”, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IFMAC & WOODMAC 2024