<

Mengenal Sosok Aiptu Warjito, Bhabinkamtibmas Kalurahan Pilangrejo yang Dikenal Dekat dengan Masyarakat

Gunungkidul, INAMEDIA.id – Pengabdian seorang polisi adalah menjadi abdi negara yang didalam ketugasannya bertugas menjadi pelindung dan pengayom masyarakat. Polisi akan mencurahkan seluruh waktunya saat bertugas dalam rangka memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Warjito seorang polisi berpangkat Aiptu yang saat ini bertugas di jajaran Polsek Nglipar dan sekaligus mengemban jabatan sebagai Bhabinkamtibmas di Kalurahan Pilangrejo, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul. Aiptu. Warjito dilingkup Wilayah Kapanewon Nglipar bahkan dikenal oleh masyarakat sebagai seorang polisi yang humble dan selalu dekat dengan masyarakat khususnya di wilayah Kalurahan binaannya yaitu Kalurahan Pilangrejo.

Keseharian dalam menjalankan tugasnya Aiptu Warjito yang juga dikenal dengan sosok polisi yang religius ini menganggap masyarakat sudah menjadi bagian dari keluarganya. Sehingga dalam setiap ketugasannya ia selalu memberikan sebuah pelayanan layaknya seorang bapak bagi anak anaknya (Masyarakat).

Yang saya lakukan setidaknya sesuai dengan tugas pokok saya sebagai seorang polisi, apalagi tugas saya Bhabinkamtibmas jadi seoptimal mungkin harus berusaha menjadi bagian dari masyarakat yang setiap saat harus melayani,” ujarnya (20/02/2023).

Ia menilai, ditempatnya bertugas saat ini secara umum memiliki kondisi wilayah yang beragam. Kalurahan Pilangrejo dimana ia bertugas saat ini, dikatakannya, ada beberapa padukuhan yang terletak pada area yang berpotensi terhadap bencana alam khususnya tanah longsor.

Padukuhan Trosari, Sriten, Danyangan, Kaligede yang merupakan padukuhan yang masuk dalam wilayah Kalurahan Pilangrejo secara konteks kewilayahan berada di lereng gunung. Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, dimana intensitas hujan masih cukup tinggi bahkan sering disertai angin kencang, ia hampir mencurahkan waktunya untuk selalu memantau secara langsung di lokasi untuk mengantisipasi sejak dini jika terjadi bencana alam di wilayahnya.

Biasa kami terjun langsung bersama pemerintah Kalurahan dan Babinsa untuk setidaknya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan,” imbuhnya.

Bhabinkamtibmas yang pernah bertugas di wilayah Konflik Poso, Sulawesi Tengah ini, dikenal mereka dengan sosok yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Diberbagai kesempatan ia terlihat memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

Tidak hanya itu, masyarakat diluar wilayah ketugasannya pun sering menjadi perhatian tersendiri baginya. Aiptu Warjito tidak sungkan ataupun canggung dalam memberikan bantuan dalam segala hal. Seperti masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan sebuah masalah, ia selalu mampu menjadi mediator setiap permasalahan yang timbul untuk diselesaikan secara kekeluargaan.

Sosok yang dikenal juga dengan kegiatan dibidang keagamaan ini sering melakukan sambang masjid untuk memberikan khutbah Jum’at maupun mendampingi anak-anak TPA agar lebih giat lagi dalam menimba ilmu keagamaan.

Ini semata-mata bentuk kepedulian agar semasa kita hidup dan diberikan amanah jabatan bisa berguna bagi masyarakat, mudah-mudahan ini bisa menjadi ladang amal bagi saya dan semuanya,” tandas Aiptu Warjito.

Exit mobile version