Ini Taktik Perusahaan Memenangkan Persaingan Digital!

Menutup perhelatan ini, Hermawan Kartajaya menekankan pentingnya penerapan CIEL dan PIPM oleh perusahaan. “Start-Up harus bisa mengawinkan CIEL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership). Buku mengenai ini sedang ditulis oleh Dr Jacky Mussry, Dean MarkPlus Institute yang semoga bisa dirilis di Bali menjelang G20.”

Lebih lanjut Hermawan menekankan “Tidak cuma CIEL, ada PIPM (Productivity, Improvement, Professionalism, dan Management)-nya juga. Dengan ini perusahaan mampu menghasilkan profit dan improvement. Tanpa CIEL dan PIPM dari mana investor mau datang. Maka CIEL dan PIPM musti dipersatukan.”, tutup Hermawan.

Berdasarkan analisa di atas, terdapat beberapa taktik bagi perusahaan untuk memenangkan Digital
War di 2022, yang pada webinar ini dipaparkan oleh Ardhi Ridwansyah selaku COO MarkPlus Institute, dan Giovanni Alexander, Senior Associate MarkPlus, Inc. di antaranya:

Corporate vs Corporate:

  1. Membangun layanan digital: aplikasi MyPertamina
  2. Berinvestasi secara bertahap pada aktivitas pemasaran generasi baru: Bank BUMN x
    Metaverse
  3. Berkolaborasi dengan pemain digital lain: Unilever x Shopee
  4. Meningkatkan pengalaman pelanggan: PLN Mobile

Corporate vs Start-Up:

  1. Membangun layanan yang kontekstual: BCA x Cloudera
  2. Menarik generasi baru dengan teknologi: Telkomsel By-U
  3. Intermediasi dengan pemain industri lain: RANS Entertainment x Noice
  4. Membangun pengalaman via online: Gramedia Digital

Start-Up vs Corporate:

  1. Membangun layanan bereputasi dan terpercaya: Ruang Guru dengan Brand Ambassadors
  2. Menarik premium atau bisnis segment dengan humanity : Kopi Kenangan Heritage
  3. Disintermediasi (penghapusan rantai pasokan) dengan pemain industri lainnya: Anteraja
  4. Membangun pengalaman offline: Sociolla (pengalaman berbelanja fisik)

Start-Up vs Start-Up:

  1. Membangun product market fit: Bibit menyediakan Robo Advisor
  2. Menarik premium atau bisnis segment dengan Bionic (memadukan teknologi dan manusia):
    BLITS (Blibli Loyalty Team Service)
  3. Membangun ekosistem: Goto (kolaborasi Goride, Paylater, Tokopedia, dan Gopay)
  4. Membangun OMNI experience: JD.id (membangun fitur nearby shop dan Online2Offline)



Exit mobile version